Cara Menggunakan Fitur – Fitur Google Maps Terbaru

Fitur – Fitur Google Maps Terbaru – Banyak orang yang mungkin belum tahu tentang apa itu google maps, sebaiknya kita bahas dulu apa itu Google Maps. Google Maps adalah jasa peta yang dapat diakses melalui data online yang disediakan oleh google, yang biasanya dapat dibuka melalui web https://maps.google.com. Situs ini menyajikan tampilan geografis dari semua wilayah di seluruh muka bumi kita ini.

Peta ini dapat disesuaikan dapat digeser sesuai dengan keinginan penggunanya, termasuk menyesuaika tingkatan zoom sesuai yang diinginkan, dan bisa di bilang layanan ini bersifat interaktif. Google maps juga dapat menampilkan peta dalam gambar satelit yang juga dapat diseret – seret untukmenyesuaikan wilayah mana yang aka anda lihat. Selain peta, Google Maps juga memberikan fitur rute Perjalanan yang dapat menunjukkan anda kemana rute yang harus anda lewati untuk menuju ke suatu tempat yang anda inginkan.

Google Maps

Itulah pangertian singkat tentang Google Maps, Selanjutnya kita akan berbicara tentang Bagaimana cara kerja dari Google Maps. Google Maps dibuat dengan menggunakan bahasa pemograman JavaScript, HTML, serta AJAX yang diintregasikan dengan kombinasi dari gambar – gambar peta yang diambil dari citra satelit, lalu database, dan juga objek – objek interaktif lainnya. Gambar peta yang muncul ketika anda membuka Google Maps adalah hasil komunikasi anda sebagai pengguna dengan database server yang terdapat pada web server google, yang meminta untuk menampilkan gabungan potongan – potongan gambar peta suatu daerah yang diminta.

Seluruh gambar tadi akan diintregasikan ke dalam database yang dimiliki oleh google server, yang kemudian akan dipanggil seusuai dengan kebutuhan permintaan atas citra dari suatu daerah yang diingingkan oleh penggunanya. Bagian – bagian dari gambar peta yang ada di Google Maps adalah gabungan dari gambar – gambar yang memiliki ukuran 256 x 256 pixel. Dimana tiap – tiap gambar merupakan wakil dari gambar yang terletak pada longitude, latitude, dan Zoom dari daerah tertentu.
Google Maps API (Google Maps Application Programming Interfaces) merupakan fitur dari aplikasi yang disematkan oleh google untuk memberikan fasilitas kepada para pengguna menampilkan Google Maps pada website yang dimiliki oleh para pengguna dengan menapilkan data point yang dimiliki oleh pengguna itu sendiri.

Cara Penggunaan Google Maps

Untuk dapat mengintegrasikan Google Maps Ke dalam Website yang dimiliki oleh para penggunanya, anda perlu yang namanya API Key. API Key merupakan sebuah kode unik buatan google yang digenerasikan oleh google untuk menandai suatu web tertentu. Dengan adanya tanda ini anda dapat memunculkan Google Maps Pada website yang anda miliki karena website anda sudah dikenali oleh Google.

Ada beberapa jenis dari Google Maps API ini, terdapat juga 4 pilihan model peta yang disediakan.

Jenis – Jenis Google Maps

1. Roadmap : Layanan untuk menapilkan peta 2 dimensi biasa
2. Satellite : Layanan untuk menapilkan peta dalam citra satelit
3. Terrain : Layanan yang berfungsi untuk menunjukkan relief dari permukaan bumi dan menunjukkantingkat ketinggian suatu daerah
4. Hybrid : Layanan untuk menunjukkan foto satelit yang diatasnya tergambar pula apa yang ditampilkan oleh Roadmap seperti nama kota dan nama jalan.

Itulah sedikit tulisan tentang apa itu google maps dan bagaimana cara kerjanya, sekarang ini google maps juga dapat anda jumpai pada smartphone kesayangan anda dan pastinya lebih praktis dalam hal penggunaannya. Semoga informasi yang saya tuliskan ini bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *