Arti Shalat Adalah Tiang Agama

Shalat Adalah Tiang Agama – Shalat yaitu tiang agama serta adalah keharusan untuk tiap-tiap muslim yang baligh serta berakal, terkecuali untuk wanita yang tengah haid serta nifas. Mengenai keharusan menunaikan beribadah shalat yakni berdasar pada Al-Qur’an, Sunnah serta Ijma’. Dalam islam, shalat mempunyai kedudukan yang begitu agung, simak lebih lengkap di ezramadhan.com. Jadi, sungguh berdosa serta begitu tidak untung untuk mereka yang meninggalkan keharusan shalat, serta kafirlah orang yang menentang keharusan shalat.

Terkecuali jadi tiang agama, shalat juga adalah satu amalan manusia yang paling pertama dihisab (di hari kiamat) dan jadi standard baik serta buruknya amalan yang lain. Bila shalatnya baik, jadi baiklah semua amalnya, sedang bila shalatnya jelek, jadi buruklah semua amalnya.

Shalat Tiang Agama

Pentingnya Shalat

Dalam satu hari semalam, ada 5 (lima) saat shalat yang diharuskan untuk golongan muslim. shalat 5 saat itu yaitu seperti berikut :

Shalat Dzuhur
Shalat Ashar
Shalat Maghrib
Shalat Isya
Shalat Subuh

Shalat Zhuhur : Jumlah Rakaat & Bacaan niat Shalat Dzuhur
Shalat dzhuhur yaitu shalat yang dikerjakan ketika tergelincirnya matahari. Mengenai jumlah rakaat shalat zhuhur yaitu 4 (empat) rakaat, dengan memelankan bacaannya serta dengan duduk tasyahhud 2 x duduk tasyahhud. Serta tersebut disini bacaan niat shalat dzuhur 4 rakaat bhs arab, latin serta artinya komplit.

USHOLLII FARDHODL DHUHRI ARBA’A RAKA’AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN LILLAAHI TA’AALA.

Artinya :
Saya punya niat shalat fardu Dhuhur empat raka’at menghadap kiblat karna Allah Ta’ala
Kembali pada atas

Shalat Ashar : Jumlah Rakaat & Bacaan niat Shalat ‘Ashar
Jumlah rakaat shalat asyar sama dengan shalat dzuhur yaitu 4 (empat) rakaat, dengan memelankan bacaannya serta dengan duduk tasyahhud 2 x duduk tasyahhud. Tersebut disini lafadz niat shalat asyar 4 rakaat dalam bhs arab, latin komplit artinya :

USHOLLII FARDHOL ‘ASHRI ARBA’A RAKA’AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN LILLAAHI TA’AALA.

Artinya :
Saya punya niat shalat fardu ‘Ashar empat raka’at menghadap kiblat karna Allah Ta’ala
Kembali pada atas

Shalat Maghrib : Jumlah Raka’at & Bacaan niat Shalat Maghrib
Ada 3 (tiga) raka’at dalam shalat maghrib, dengan mengeraskan bacaannya pada dua raka’at yang pertama serta memelankan bacaannya pada raka’at ke tiga atau raka’at paling akhir, dan duduk tasyahud pada raka’at yang ke-2 serta ketiga. Serta tersebut disini lafadz niat shalat maghrib komplit bhs arab, latin serta artinya :

USHOLLII FARDHOL MAGHRIBI TSALAATSA RAKA’AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN LILLAAHI TA’AALA.

Artinya :
Saya punya niat shalat fardu Maghrib tiga raka’at menghadap kiblat karna Allah Ta’ala
Kembali pada atas

Shalat Isya : Jumlah Raka’at & Bacaan niat Shalat ‘Isya
Sama dengan shalat dzuhur serta asyar, yaitu jumlah raka’atnya ada 4 tetapi tidak sama bacaannya. Bila dalam shalat dzuhur serta asyar memelankan bacaannya, jadi pada shalat isya mesti mengeraskan bacaannya pada ke-2 raka’at yang pertama serta memelankan bacaannya pada ke-2 raka’at yang lain (dua raka’at paling akhir), dan duduk tasyahud 2 x disetiap dua rakaat. Untuk bacaan niat shalat isya 4 raka’atadalah seperti berikut komplit dengan lafadz bhs arab, latin serta artinya :

USHOLLII FARDHOL ‘ISYAA’I ARBA’A RAKA’AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN LILLAAHI TA’AALA.

Artinya :
Saya punya niat shalat fardu ‘Isya empat raka’at menghadap kiblat karna Allah Ta’ala
Kembali pada atas

Shalat Subuh : Jumlah Raka’at &Bacaan niat Shalat Shubuh
Shalat subuh adalah shalat yang jumlah raka’atnya paling sedikit yakni cuma ada 2 (dua) raka’at dalam shalat subuh, dengan mengeraskan bacaannya dikedua raka’at itu serta duduk tasyahhud satu kali pada raka’at paling akhir. Mengenai niat shalat shubuh arab, latin serta ini berarti seperti berikut :

USHOLLII FARDHOSH SHUBHI ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN LILLAAHI TA’AALA.

Artinya :
Saya punya niat shalat fardu Shubuh dua raka’at menghadap kiblat karna Allah Ta’ala
Kembali pada atas
Catatan Utama :
Bacaan niat Sholat Harus 5 Saat diatas yaitu spesial untuk yang melakukan sholat sendirian. Serta jika Anda melakukan sholatnya berjamaah, jadi lafadz bacaannya tidak sama, bergantung apakah Anda jadi makmum atau imam. Silahkan cermati contoh tersebut.

Bacaan niat Sholat Fardhu Berjamaah Sebagai Makmum
Saat Ana sholat berjama’ah sebagai ma’mum, jadi bacaan lafadz niat sholatnya yaitu seperti berikut :

USHOLLII FARDHOL MAGHRIBI TSALAATSA RAKA’AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA’MUUMAN LILLAAHI TA’AALA.

Artinya :
Saya punya niat shalat fardu Maghrib tiga raka’at menghadap kiblat sebagai ma’mum karna Allah Ta’ala
Contoh di atas saya memakai niat shalat maghrib. Bila Anda shalat isya berjamaah serta jadi makmum jadi tinggal cocokkan saja, demikian halnya selanjutnya. Baca juga: Dosa Meninggalkan Shalat Lima Waktu Lebih Besar Dari Dosa Berzina

Bacaan niat Sholat Fardhu Sebagai Imam
USHOLLII FARDHOL MAGHRIBI TSALAATSA RAKA’AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN IMAAMAN LILLAAHI TA’AALA.

Artinya :
Saya punya niat shalat fardu Maghrib tiga raka’at menghadap kiblat sebagai Imam karna Allah Ta’ala
Tersebut jumlah shalat harus serta raka’at shalat harus dan bacaan niat shalat harus 5 saat komplit dengan bhs arab, latin serta aritnya. Mengenai untuk masuknya beberapa saat shalat 5 saat, dengan cara komplit bakal saya berbagi pada pertemuan selanjutnya. Mudah-mudahan apa yang saya hidangkan disini mengenai Shalat Adalah Tiang Agama bisa berguna untuk beberapa pembaca. Amien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *